2012 dalam 115 halaman

2012-book

Saya termasuk orang yang susah untuk mengingat kejadian, peristiwa atau nama orang. Seharusnya saya bikin semacam jurnal untuk mengingat-ingat lagi peristiwa yang pernah saya tempuh. Tapi saya termasuk orang yang malas juga buat nulis, sehingga sudah mulai nulis satu dua halaman akhirnya ditinggalkan.

Tapi ada satu yang saya cukup rajin, ngambil photo dengan kamera hape. Hampir tiap hari saya ngambil foto. Beberapa tiap hari juga saya upload ke album foto di facebook, saya kasih judul albumnya ‘bad fruit 365 project’,Β  sehingga saya cukup ingat saya lagi ngapain pada hari itu dengan melihat foto yang ada di album facebook tersebut.

Beberapa hari yang lalu saya buka folder file photo saya. Hampir ada sepuluh ribuan photo, dari foto kamera hape atau pun dari kamera ‘besar’. Saya berpikir kenapa gak bikin album foto tahunan LAGI? saya perbah bikin album foto dalam bentuk file pdf untuk tahun 2008 dan tahun 2009, tapi nggak selesai karena butuh effort yang cukup lumayan untuk milihin foto dan bikin layout. “Apakah kali ini akan selesai?”

Bertekat untuk mulai menyelesaikan segala sesuatunya sampai selesai, saya mulai lagi membuat album foto saya dengan menggunakan microsoft publisher. Saya mulai milih-milih foto, satu foto minimal untuk satu tanggal. Insert foto ke halaman publisher, sambil ingat-ingat tanggal tersebut saya ngapain. Satu persatu foto saya masukin dan setelah beberapa hari akhirnya saya tuntaskan juga dengan menjadikan album foto tersebut ke file pdf. Total ada 115 halaman. Kalau ini disertasi mungkin tinggal tambah dikiti buat submit buat viva, he…he…

Bikin album fotonya selesai jam 00:09 BST , 1 January 2013, dan dibelakang rumah sudah ada yang menyalakan kembang api πŸ™‚

book-01

Layout dasarnya adalah empat foto dalam satu halaman, dimana di awal tiap bulan ada satu photo besar.

book-02

Sepertinya foto saya sangat dipengaruhi mood. Banyak foto yang saya ambil dan edit menjadi hitam putih pada saat itu.

book-03

Favorit saya foto-foto tanggal 13 dan 14 Mei. Alasannya sederhana saja, City juara EPL πŸ™‚ File pdf buku ini sudah jadi dan sepertinya bagus juga dijadikan photobook. Tapi biar tetap murah cetaknya mungkin jumlah halaman harus dikurangi setengahnya dan nunggu diskon dari jessop, pixum atau pun photobox.

Saya buka dan lihat lagi file pdf buku ini, dari tanggal 1 January sampai 31 Desember. Sepertinya waktu sangat cepat berlalu…

Hmmm setidaknya saya sudah memulai untuk menyelesaikan segala sesuatu yang sudah dimulai πŸ™‚ Semangat!

6 Responses to “2012 dalam 115 halaman”


  1. 1 nurulhadie 01/01/2013 at 08:22

    Kereen Pak…, kapan ya saya bisa belajar untuk bisa menyelesaikan apa yang sudah saya mulai… 😦 Salut buat Pak, tulisan dan karya yang sangat inspiratif dan menggugah semangat…

  2. 3 hanajrun 01/01/2013 at 14:59

    Keren, Daaaa πŸ™‚
    mau ngikutin ah… πŸ™‚

  3. 5 faisalashar 20/01/2013 at 12:29

    Pak Benny, saya tertarik dengan foto album bapak. kapan2 boleh liat?
    btw, ketikan disertasi dalam 2012 udah berapa halaman? πŸ™‚


Leave a comment




Calendar

January 2013
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031