buat halaman profil facebook menjadi menarik

Halaman profil facebook mengalami perubahan lagi. Perubahan utama yang kentara kelihatan adalah adanya lima buah foto-foto kecil (foto yang di tag ke kita) di bagian atas halaman profil. Dengan sedikit manipulasi, modifikasi kelima buah thumbnail foto tersebut beserta dengan foto profil akan membuat halaman profil menjadi lebih menarik.

Contoh halaman-halaman profil menarik dan kreatif bisa dilihat di blog ini.

Penasaran bagaimana cara membuat halaman profil tersebut, saya mencoba merombak sebuah halaman profil facebook. Karena ‘bukan’ halaman profil saya, nama dan identitas di ilustrasi berikut disamarkan. Pada percobaan pertama halaman profil tersebut menjadi seperti ini:

Ide utamanya disini adalah bagaimana foto profil menjadi satu kesatuan dengan lima buah thumbnail foto dibagian atas halaman profil.

Bagaimana cara membuatnya?

Kita butuh satu buah foto profil dan lima buah foto yang akan di-tag ke diri sendiri. Untuk lebih memudahkan saya menggunakan photoshop dengan menggunakan tiga buah layer. layer pertama adalah hasil printscreen dari halaman profil yang ingin dirubah. Layer ketiga adalah block dari foto profil + 5 buah thumbnail dari layer pertama. Layer kedua adalah foto yang akan digunakan untuk halaman profil yang baru. Gambar dibawah memperlihatkan layer di PS yang saya gunakan untuk membuat foto profil tersebut.

Disini saya menggunakan warna pink untuk membuat block. Block disini untuk memudahkan untuk memilih foto. Seperti dijelaskan diawal kita butuh satu foto profil picture dan lima buah foto. Sebagai contoh untuk membuat foto pertama tinggal gunakan magic selection untuk mendapatkan ukuran yang presisi foto 1, pindahkan layer ke layer 2 (foto baru untuk halaman profil), copy, buat dokumen baru, paste dan simpan sebagai dokumen baru,. untuk memudahkan beri nama 01.jpg. Begitu seterusnya sehingga kita mendapatkan lima buah foto dan satu buah foto profil.

Upload ke-enam foto tersebut ke facebook. jadikan foto ‘profic’ sebagai foto profil yang baru. Pekerjaan selanjutnya adalah nge-tag diri sendiri di kelima buah foto yang baru diupload (01.jpg, 02.jpg, dst). Lima buah thumbnail di halaman profil adalah lima buah foto hasil tag, dengan foto paling kiri sebagai tag terbaru. Dengan demikian tag pertama kali di foto pertama (disini contohnya 01.jpg), lanjutkan ke foto kedua, sampai ke foto terakhir di foto kelima. Kalau semuanya masing-masing sudah di tag ke diri sendiri maka hasilnya seperti yang diinginkan.

Kelemahan

Fitur baru ini mempunyai satu kelemahan. Apabila ada teman yang nge-tag kita di fotonya maka foto tersebut akan muncul di thumbnail di halaman profil tersebut. Akibatnya susunan foto-foto menjadi berantakan. Solusinya dengan menghilangkan tag kita di foto teman tersebut. Cara ini mungkin berhasil, belum dicoba soalnya 🙂

Update (18/12/2010)

ternyata ada website yang menyediakan ‘jasa pemotongan gambar’ untuk di jadikan foto profil seperti diatas. coba klik link berikut: reabo.co.uk

Selamat mencoba

***

Satu tulisan tidak penting di dagodang.wordpress.com

0 Responses to “buat halaman profil facebook menjadi menarik”



  1. Leave a Comment

Leave a comment




Calendar

December 2010
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031